Origami Lipat-lipat Ajaib


Ingat bentuk origami ini? Kalian ingat cara melipatnya? Yuk kita ingat-ingat lagi. Bukan hanya bentuk seperti ini yang bisa kita buat. Ribuan mungkin jutaan hasil kreatifitas lipat kertas ini masih berkembang di berbagai negara. Kalau sedang browsing, sempatkan cari tentang origami di internet. Kreatif, mengagumkan! Lipat-lipat ajaib ini disebut Origami atau seni melipat kertas.


Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Sejarahnya dimulai sejak kertas dikenal pada abad pertama di Cina pada 105 A.D. Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts'ai Lun. Pembuatan kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah meningkatkan produksi kertas. Contoh-contoh awal origami yang berasal dari Tiongkok adalah tongkang (jung) dan kotak. Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 di masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Buddha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta. Origami pun menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi. Pada abad ke-6, seni lipat kertas ini dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab.

Seorang doktor peribadi Ratu Shotoku bernama Dokyo membawa Origami ke Jepang pada 610 A.D. Semenjak itu Origami menjadi popular dikalangan orang Jepang, turun temurun hingga kini.

Sejak January 1952, Akira Yoshizawa di Jepang memperkenalkan origami modern. Yoshizawa menghasilkan karya mengagumkan menyerupai benda sebenarnya. Yoshizawa juga memperkenalkan lipatan basah. Yaitu kertas tebal dilipat ketika masih basah.

Banyak lho kegiatan yang digelar oleh perkumpulan penggemar origami di dunia. Termasuk di Indonesia. Salah satunya yang ada di Indonesia adalah didirikan oleh Fajar Ismayanti dan Bambang Setia Budi (suami) untuk mengembangkan seni melipat kertas di Indonesia sebagai bagian dari pembangunan kreatifitas dan kebudayaan. Situs ini didedikasikan khususnya bagi para penggemar, pencinta, pendidik, dan kreator origami dari segala umur di tanah air tercinta, Indonesia. Asik juga ya. Kreatif, sekaligus melatih ketelitian.

0 Response to "Origami Lipat-lipat Ajaib"

Posting Komentar

slide photo

girls fashion